Cabai merupakan salah satu komoditas bernilai tinggi yang kini ditanam dan tumbuh subur di indonesia, cabai adalah sayur atau bumbu pedas yang digunakan hampir setiap hari dimasakan khas indonesia, tanpa cabai, rasanya seperti ada yang kurang.

Selain rasanya yang pedas untuk penyedap rasa, ternyata cabai juga memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Cabai merupakan salah satu penghasil oksidan yang baik untuk manusia.

Biasanya cabai ditanam di ladang, kebun atau bisa juga persawahan yang di keringkan. Adapula petani yang menanam cabai di atas bedengan serta di indonesia sendiri tanaman ini cukup populer dan menjadi primadona bagi petani kita.

Namun tahukah anda, ternyata cabai tidak hanya tumbuh subur di ladang, ada juga cara lain untuk menanam cabai yang cukup mudah, yakni dengan menggunakan polibag, cara ini tergolong mudah, efisien dan ekonomis tentunya.

Bagi kamu yang memiliki lahan sempit, atau hanya sekedar ingin tahu, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai tata cara menamam cabai dalam polibag.

1. Bahan yang di butuhkan adalah sekam, tanah, kompos, dan em4.

Jika kamu tidak memiliki hal tersebut di atas, maka kamu bisa menggunakan campuran antara tanah, pasir dan kompos, atau juga bisa menggunakan campuran serbuk gergajian, tanah dan kompos. Campurkan bahan tersebut dengan perbandingan 1:1:1 yang diantaranya adalah 1 untuk kompos, 1 untuk tanah, dan 1 lagi untuk pasir ataupun serbuk gergaji. Selanjutnya, bahan-bahan itu disiram dengan em4. 

Namun semua itu kembali tergantung pada tanah dan kompos yang anda gunakan, jika tanah sudah berpasir, anda tidak perlu menggunakan pasir sebagai tambahan, begitu pula untuk em4, anda juga tidak perlu menggunakannya dengan catatan kompos sudah benar-benar terfermentasi dengan baik.

2. Bibit bisa kamu beli di toko bibit, atau kamu bisa membuat sendiri.

Jika kamu ingin membuat bibit sendiri, caranya cukup mudah. Pilihlah cabai berwarna merah yang kamu beli di pasar, lalu kupas kulitnya, keluarkan bijinya kemudian jemur hingga kering.

3. Bibit yang sudah kamu buat atau beli saatnya untuk disemai.

Pembibitan yang mudah dan murah disarankan menggunakan tray semi atau polibag, cara ini untuk menjaga agar akar cabai yang kita semai tidak akan rusak, sebab jika rusak, tanaman cabai akan terhambat pertubuhannya.

4. Siram bibit setiap hari sampai tumbuh.

Untuk mempercepat pertumbuhan bibit, disarankan untuk menyiram setiap hari cabai tersebut sampai terlihat tumbuh, nah, jika sudah, tanaman hanya perlu disiram sebanyak 3 kali dalam seminggu hingga berumur 30 hari.

5. Setelah 30 hari, pindahkan bibit ke polibag.

Mungkin agan bertanya, kenapa kok tidak langsung disemai ke polibag yang sudah di campur dengan kompos tadi? Jawabannya adalah untuk menunggu kompos terfermentasi dengan sempurna apabila kompos yang anda gunakan belum terfermentasi dengan sempurna. Lalu kenapa kompos difermentasi? Jawabannya adalah untuk menghidari tanaman cabai ditumpangi oleh bakteri. Bila anda menggunakan kompos yang kurang matang biasanya akan mengakibatkan cabai mengalami layu fusarium atau yang biasa disebut oleh petani dengan istilah 'mati gadis'.

6. Berikan pupuk tambahan berupa Kalsium,Kalium dan Nitrogen.

Kandungan nitrogen, kalsium dan kalium yang cukup sangat dibutuhkan oleh tanaman cabai. Biasanya sih saya menggunakan pupuk npk 16 16 atau makro star yang dicampur dengan yara kalsium. Jika kamu menggukanan makro star, perbandingannya adalah 2:1 yaitu apabila kamu mencampurkan 2 kg Makro star, maka kamu harus menggunakan 1kg yara kalsium. Pemupukan juga wajib diberikan secara bertahap, kamu bisa melakukannya dengan cara di campurkan ke air, atau diberikan dengan butiran.

7. Untuk mempercepat pertumbuhan, siram tanaman dalam polibag setiap hari.

Siramlah cabai anda setiap hari untuk memastikan tanaman cukup air. Cara ini juga bisa memperpanjang umur cabai, menjadikannya tetap sehat dan diharapkan dapat terus berbuah.

Umumnya, tanaman cabai yang terawat dengan baik dan benar akan tumbuh dengan sangat subur, ranting yang banyak dengan buah lebat. Dengan demikian kita akan mendapatkan hasil panen yang lebih banyak dan tanaman juga akan berumur panjang

Kelebihan menanam cabai dalam polibag sendiri selain dari murah, mudah, dan ekonomis juga sangat mudah dalam hal perawatan. Hal itu disebabkan oleh gulma dan hama yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan tanaman konvensional pada umumnya.

Nah, demikianlah cara perawatan cabai yang bisa kami berikan pada kesempatan kali ini, tunggu video kami selajutnya. Jangan lupa untuk subcribe agar bisa mendapatkan video-video kami yang terbaru, salam.