Biodata Charlie Puth - Informasi Umum, Masa Kecil, Keluarga, Perjalanan Karir dan Penghargaan

Kata.co.id - Charlie Puth yang mempunyai nama lengkap Charles Otto Puth Jr adalah seorang penulis lirik lagu, penyanyi, dan sekaligus produser rekaman yang berasal dari New Jersey, Amerika Serikat. Namanya mulai banyak dikenal ketika mengisi soundtrack Furious 7 yang berjudul “See You Again”. Dalam lagu tersebut ia berkolaborasi dengan rapper Wiz Khalifa. Ingin tahu lebih banyak mengenai Charlie Puth? Silahkan simak Profil lengkap Charlie Puth berikut.

Informasi Umum

Charlie Puth
Informasi Umum
Nama AsliCharles Otto Puth Jr
Nama PanggungCharlie Puth
Tanggal Lahir02 Desember 1991
Tempat LahirRumson, New Jersey, Amerika Serikat
KewarganegaraanAmerika Serikat
Nama AyahCharles Puth
Nama IbuDebra Puth
Saudara Laki-LakiStephen
Saudara PerempuanMikaela
Tinggi Badan175 cm
AgamaKristen

Masa Kecil dan Keluarga

Charlie Puth
Masa Kecil dan Keluarga

Charlie Puth ialah anak dari pasangan Charles Puth dan Bella Thorne. Ayah Charlie bekerja sebagai tukang bangunan sekaligus agen real estat, sedangkan ibunya adalah seorang guru musik. Charlie merupakan anak pertama dan memiliki 2 saudara yaitu Stephen Puth dan Mikaela Puth.

Semasa masih kecil, tepatnya saat berusia 2 tahun, Charlie pernah digigit anjing dan membuat bekas luka permanen di alis kanannya. Saat berusia 6 tahun, Charlie pernah merekam dan memproduksi sendiri album natalnya. Kemudian Charlie pun menjual album hasil karyanya tersebut secara door to door di kotanya. Dari penjualan albumnya tersebut, Charlie berhasil mendapatkan $600 yang kemudian ia sumbangkan di Gereja terdekat.

Charlie bersekolah di sekolah dasar The Holy Cross Scholl kemudian melanjutkan ke Forrest Dale Middle School dan Rumson Fair Haven High School. Setelah lulus sekolah, ia melanjutkan pendidikan dengan berkuliah di College of Musik dengan beasiswa penuh.

BACA JUGA: Biodata Ariana Grande - Informasi Umum, Keluarga, Percintaan, Filmografi, Prestasi dan Penghargaan

Perjalanan Karir

Charlie Puth
Perjalanan Karir

Sejak berusia 4 tahun, Charlie telah panda bermain piano. Ia berhasil membuat album pertamanya pada usia 6 tahun. Kemudian Charlie Puth mulai terkenal melalui youtube. Eleveneleven yang merupakan label milik Ellen Degeneres tertarik dengan cover lagu Adele berjudul "Someone Like You" yang dibuat oleh Charlie bersama Emily Luther dan membuat Charlie menandatangi kontrak bersama mereka. Dibawah label Eleveneleven, karir Charlie Puth tidak berkembang dan membuatnya memutuskan keluar. 

Pada Oktober 2013, Charlie merilis extended play independen berjudul "Ego". Charlie dipercaya untuk menulis dan memproduksi beberapa lagu untuk sesama youtuber. Lagu untuk youtuber yang berhasil ia ciptakan pertama kali adalah lagu untuk Shane Dawson podcast, lagu kedua berupa intro jingle untuk Vlogger SHAYTARDS, dan lagu untuk vampir Charles Trippy Internet Killed Television. Disamping itu, Charlie juga membuat lirik lagu untuk keperluan tour dan film untuk YouTube Our 2nd Life. Tahun 2014, Charlie kembali merilis lagu yang berjudul "L.U.V" dan "Celebrate".

Pada tahun 2015, Charlie bergabung bersama label Atlantic Record dan menandatangi kontrak. Di bulan Februari tahun 2015, Charlie merilis sebuah lagu berjudul "Marvin Gaye", dalam lagu tersebut ia berduet dengan Meghan Trainor. Lagu Marvin Gaye berhasil mendapatkan sertifikat Platinum sebanyak dua kali di Negara Australia dan memperoleh peringkat satu di tangga lagu Inggris, Irlandia, dan Selandia Baru serta menempati urutan ke-21 di Billboard Hot 100. 

Sukses dengan Marvin Gaye, Charlie kemudian menulis, memproduksi, dan bernyanyi dalam lagu "See You Again". Dalam lagu ini, Charlie berkolaborasi dengan rapper Wiz Khalifa. Lagu ini merupakan sebuah penghormatan yang diberikan untuk almarhum Paul Walker dan dijadikan soundtrack dalam film Furious 7. Dalam pembuatan lagu See You Again, Charlie dibantu Wiz Khalifa untuk menulis pada bagian rap. Lagu ini menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100 selama 12 minggu. 

Charlie Puth
Charlie Puth

Lagu "See You Again" dinominasikan di 3 Grammy Awards, diantaranya; Best Pop Duo, Song of the Year, dan Best Song Written for Visual Media. Lagu yang satu ini juga menjadi Song of the Year dalam BBC Music Awards. See You Again juga dinominasikan dalam Golden Globe Award dengan kategori Best Original Song. 

Setelah single "See You Again", Charlie kembali menciptakan lagu berjudul "Slow Motion" untuk dibawakan oleh Trey Songz. Selain bernyanyi dan menulis lirik lagu, Charlie juga membintangi video clip Meghan Trainor yang berjudul "Dear Future Husband" Meghan Trainor. 

Pada bulan Mei 2015, Charlie merilis extended play "Some Type of Love" yang berisi 5 lagu. Dan pada Juni 2015, Charlie bersama Lil Wayne menciptakan lagu "Nothing but Trouble" untuk keperluan soundtrack film dokumenter 808:The Movie.

 Charlie telah mengerjakan beberapa album untuk artis lain di sepanjang tahun 2015. Charlie juga menulis dan memproduksi lagu "Pull Up" dan "Broke" untuk mengisi album milik Jason Derulo. Ia juga menulis lirik untuk lagu "Bombastic" dalam mengisi album Bonnie McKee. Disamping itu, Charlie juga menciptakan lagu "Working Class Heroes (Work)" dalam album CeeLo Green Heart Blanche.

Pada agustus 2015, Charlie membuat sebuah album bertajuk "Nine Track Mind" dan pada waktu yang bersamaan ia juga merilis lagu "One Call Away". Lagu ini berada diperingkat 12 di tangga lagu Amerika Serikat, posisi ke-26 di tangga lagu Inggris dan menduduki peringkat 4 di tangga lagu Australia.

Awal Februari 2016, lagu ini terjual sebanyak 513,700 copy. Kemudian Charlie membuat versi remix dengan judul "One Call Away (Coast to Coast Mix)". Dalam remix tersebut, Charlie turut melibatkan rapper Ty Dolla Sign dan Tyga, serta Brett Eldredge dan
Sofia Reyes.

Album Nine Track Mind sendiri dirilis secara resmi pada Januari 2016 dan menempati peringkat 3 di Inggris. Selain iru, Album tersebut juga menduduki posisi 6 di Billboard 200, mendapat skor 37 pada Metacritic. Pada Maret 2016, Charlie Puth mengadakan konser untuk album Nine Track Mind Tour. Kemudian tahun 2016, Charlie keluar dari Atlantic Record dan menjadi artis pertama yang berhasil menandatangani kontrak dengan label Deutsch Music.

Prestasi dan Penghargaan

Charlie Puth
Prestasi dan Penghargaan

2015: Penghargaan Musik NRJ untuk International Song of the Year

2015: Pemenang Teen Choice Award dengan kategori Choice Song from a Movie or TV Show

2016: Pemenang Billboard Music Award dengan kategori Top Hot 100 Song

2016: Pemenang Billboard Music Award dengan kategori Lagu Rap Terbaik

2016: Pemenang Nickelodeon Kids' Choice Award dengan kategori Kolaborasi Favorit

2016: Pemenang Teen Choice Award dengan kategori Musik Pilihan


Daftar Isi

More From: Profil