Orang membaca buku karena berbagai alasan. Ada yang membacanya sebagai selingan di kala senggang, ada juga yang menjadikan membaca sebagai kebiasaan sekaligus tantangan, misalnya kalau membaca buku yang tebal. Beberapa lainnya menjadikan membaca untuk mengalihkan perhatian, ada juga yang membaca karena memang perlu dan ingin mempelajari sesuatu dari buku yang dibacanya itu. Apapun alasannya, membaca buku akan menambah luas wawasan seseorang karena pasti ada saja yang tertinggal di otak setelah kita membaca buku. Membaca bisa merangsang pikiran sehingga membuat kita lebih cerdas, memperluas kosa kata, mempertajam kemampuan menulis, dan meningkatkan daya fokus.

Sebanyak apapun buku yang telah kamu baca, kamu harus benar-benar tahu tentang 8 fakta menarik dari membaca buku berikut ini:

Fakta 1: Wanita Membeli Lebih Banyak Buku Ketimbang Pria

Wanita lebih banyak membeli buku daripada pria
Wanita lebih banyak membeli buku daripada pria

Jika membaca benar-benar bisa membuatmu lebih pintar, maka logikanya wanita harusnya lebih pintar dari pria. Baiklah, pertama kamu perlu meregangkan sedikit imajinasimu tentang itu. Faktanya wanita telah membeli buku sekitar 68% dari penjualan buku dan biasanya wanita membeli buku bertema chick-lit yang populer. Jadi, logika bahwa wanita bisa lebih pintar dari pria hanya karena membaca buku tidak sepenuhnya benar sebab kebanyakan buku yang dibeli wanita lebih kepada buku chick-lit atau novel fiksi yang memang populer.

Fakta 2: Beberapa Pembaca Buku Akan Membaca 10 Halaman Pertama, dan Setelahnya….. ??

Membaca 10 halaman pertama
Membaca 10 halaman pertama saja

Tidak semua orang adalah pembaca buku setia yang bahkan membaca buku yang sama hingga 2 kali! Faktanya, beberapa pembaca buku biasa adalah mereka yang sebenarnya hanya berpura-pura menyukai buku. Tapi ketika sampai pada titik bosan, maka mereka tidak akan lagi membacanya. Jadi faktanya adalah banyak orang yang gagal membaca buku sampai habis. Mereka hanya sanggup membaca hingga 10 halaman pertama saja. Lalu mengapa mereka sampai bela-belain untuk membeli buku? Ini pertanyaan yang bagus dan mungkin ada beberapa alternatif jawaban. Mungkin ada orang yang tidak cocok untuk menjadi pembaca buku setia sehingga ia hanya sanggup membaca hingga 10 halaman pertama saja.

Fakta 3: Semakin Banyak Membaca Buku, Maka Jiwa Sosialmu Semakin Peka

orang yang suka membaca buku, senang melakukan kegiatan amal
orang yang suka membaca buku, senang melakukan kegiatan amal

Mungkin ini salah satu fakta yang aneh tentang membaca buku, namun sebuah studi penelitian elah menemukan bahwa orang-orang yang banyak membaca buku cenderung memiliki jiwa sosial yang semakin peka. Ini ditandai dengan kesenangannya melakukan pekerjaan amal. Mereka sendiri kadang tidak percaya mengapa ini bisa terjadi. Mereka menjadi orang yang lebih mudah berempati pada orang lain yang mengalami kesusahan atau penderitaan. Jadi membaca buku ternyata bisa membuka mata hatimu untuk bisa lebih melihat hal-hal yang seperti itu.

Fakta 4: Buku Terbitan Penguin Books Menjadi Buku Bacaan Populer di Kalangan Pembaca Buku di Seluruh Dunia

Buku-buku terbitan Penguin Books
Buku-buku terbitan Penguin Books

Penguin Books dalah penerbit yang paling dicintai di seluruh dunia. Jika kamu seorang pembaca buku, mungkin saja kamu telah membaca buku-buku terbitan Penguin Books yang populer. Lalu bagaimana awal mula sehingga Penguin Books bisa menjadi populer? Rupanya saat pertama kali mereka meluncurkan buku berupa novel, harganya bahkan setara dengan harga rokok yang lumayan murah. Dan juga sebelum penggunaan kertas berupa papaerbacks untuk buku, semua buku dikemas dalam hardacks yang hargnya sangat mahal.

Fakta 5: Banyak Buku yang Telah Diterbitkan Ulang

Buku-buku JK Rowling yang telah diterbitkan ulang
Buku-buku JK Rowling yang telah diterbitkan ulang

Menurut Google di tahun 2010, sekitar 130.000.000 buku telah diterbitkan. Ini adalah perhitungan dari 7 tahun yang lalu, jadi tentu saja jumlahnya kini akan semakin tinggi. Dan yang seperti diketahui, cukup banyak orang bisa mendapatkan sebuah buku lama yang diterbitkan ulang di tahun 2017. Mulai dari buku-buku karya Dickens hingga J.K Rowling, dimana buku-buku mereka yang bertema fiksi justru telah mengalami proses terbit ulang karena isinya memang bagus.

Fakta 6: Membaca Buku Dapat Mencegah dari Penggunaan Obat-obat Terlarang

Membaca buku dapat menghindarkan seseorang dari penggunaan obat terlarang
Membaca buku dapat menghindarkan seseorang dari penggunaan obat terlarang

Membaca memiliki banyak manfaat, tapi mungkin manfaat terbesar bagi orang tua yang senang membaca buku adalah mereka telah membantu anaknya untuk terhindar dari penggunaan obat-obatan terlarang seperti narkotika. Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan di Amerika, anak-anak yang mulai belajar membaca buku di kelas 3 SD ternyata jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menggunakan narkoba, putus sekolah, atau bahkan berakhir di penjara. Jadi jika kelak kamu punya anak, kamu bisa mulai menanamkan kebiasaan membaca sejak dini. Semakin dini, semakin baik!

Fakta 7: Ada Beberapa Orang yang Mengaku Jatuh Cinta dengan Aroma Buku yang Khas

'Bibliosmia'... orang yang jatuh cinta dengan aroma buku
'Bibliosmia'... orang yang jatuh cinta dengan aroma buku

Apakah kamu salah satu di antaranya? Kecintaan pada aroma buku yang khas disebut dengan Bibliosmia dimana seseorang bisa merasakan semangatnya setelah mencium aroma buku.

Fakta 8: Membaca dapat Meningkatkan Perekonomian

Membaca dapat meningkatkan perekonomian
Membaca dapat meningkatkan perekonomian

Salah satu fakta keren tentang membaca adalah bahwa kemampuan membaca meningkatkan rasa harga diri, dan ini juga meningkatkan kemampuan membacamu. Berbeda halnya jika kamu tidak bisa membaca dengan baik, maka keterampilan literasimu pun akan sangat terbatas. Dan karena ini maka kamu bisa menghabiskan banyak uang lho! Menurut penelitian, kurangnya keterampilan membaca huruf bisa membebani wajib pajak dan bisnis sekitar $ 20.000.000.000 karena kehilangan produktivitas, keuntungan, dan upah setiap tahunnya. Itu adalah biaya sebenarnya untuk mereka yang tidak senang membaca! Jadi buat kalian orang tua yang baru memiliki anak, sedini mungkin kebiasaan ini perlu dilakukan karena sudah sangat jelas bahwa membaca bisa menjadi salah satu tiket untuk membawamu ke masa depan yang lebih cerah.