Selain beberapa hewan buas yang sudah terkenal akan besarnya ancamannya, ternyata ada juga beberapa hewan yang meski tampak tidak membahayakan namun memiliki ancaman yang tidak kalah mengerikan. Penasaran dengan hewan apa saja itu? Berikut 18 hewan yang sangat berbahaya tanpa kita sadari.

1. Panda

Panda
Panda

Dikenal sebagai salah satu hewan paling lucu dan menggemaskan, siapa sangka panda ternyata hewan yang cukup berbahaya. Hewan yang memiliki bulu tubuh berwarna hitam dan putih ini ternyata memiliki cakar dan gigi yang besar. Gigitan mereka juga bisa sangat berbahaya, karena kuatnya gigi mereka yang biasa mereka gunakan untuk mengunyah bambu.

2. Anjing padang rumput

Anjing padang rumput
Anjing padang rumput

Hewan yang termasuk sebagai hewan pengerat ini berasal dari pada rumput di kawasan Amerika Utara. Dikenal juga dengan nama anjing prairi, hewan kecil lucu ini ternyata cukup berbahaya. Meski tidak membahayakan bagi manusia, namun hewan yang sebenarnya termasuk herbivora ini biasanya menyerang dan membunuh hewan-hewan lain seperti tupai.

3. Koala

Koala
Koala

Koala adalah salah satu hewan berkantung yang berasal dari Australia. Meski dikenal sebagai salah satu binatang paling lucu, hewan ini memiliki cakaran dan gigitan tajam yang bisa melukai siapa saja yang mencoba mengganggunya.

4. Tupai

Tupai
Tupai

Hewan mamalia kecil yang sering digambarkan sebagai hewan lucu di film-film kartun ini juga termasuk binatang yang sangat berbahaya. Bukan serangannya, melainkan penyakit yang bisa dibwa oleh hewan ini dan dapat ditularkan ke manusia. Diketahui, tupai merupakan salah satu hewan yang menyebarkan penyakit rabies dan lyme.

Baca juga: 18 Film Kartun yang Dilarang Tayang di Dunia

5. Simpanse

Simpanse
Simpanse

Simpanse mungkin tampak seperti hewan yang menyenangkan dan ramah. Tapi siapa sangka, ketika marah mereka bisa menjadi monster yang menyeramkan. Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa simpanse secara alami memiliki kemampuan melakukan penyerangan terhadap makhluk lain. Maka dari itu, jangan coba-coba untuk membuat mereka marah atau tanggung sendiri akibatnya.

6. Platipus

Platipus
Platipus

Platipus adalah hewan mamalia semi-akuatik yang berasal dari Australia bagian timur. Meski hewan ini cukup lucu untuk dielus, namun siapa snagka platipus memiliki racun di dalam tubuhnya. Racun tersebut bahkan tidak bisa diatasi dengan obat penghilang rasa sakit modern. Apalagi jika hewan itu tekah menancapkan tajinya ke tubuh manusia.

7. Katak beracun

Katak beracun
Katak beracun

Apabila melihat katak jenis ini tanpa mengetahui namanya, tentu kita beranggapan bahwa ini adalah hewan yang inik dan lucu. Ya, tubuh katak ini memang cantik denga warna-warnanya yang terang. Namun, sesuai dengan namanya, katak ini memiliki racun yang sangat berbahaya. Bahkan, saking berbahayanya, satu katak kecil ini bisa untuk membunuh 10 pria dewasa sekaligus. Ngeri!

8. Rakun

Rakun
Rakun

Rakun yang berasal dari Amerika Utara ini juga merupakan salah satu hewan yang digambarkan sebagai hewan lucu di film-film kartun. Namun, tidak da yang menyangka kalau hewan ini ternyataa bisa sangat berbahaya. Bahkan, pernah ada kasus seorang wanita yang sedang berjalan dengan anjingnya diserang oleh sekelompok rakun. Korban setelah itu diketahui harus menjalani perawatan rabies.

9. Kasuari

Kasuari
Kasuari

Kasuari merupakan salah satu jenis burung yang tidak bisa terbang. Hewan ini bisa ditemukan di hutan tropis Papua dan Australia. Burung besar ini memang memiliki bulu dengan warna yang cantik. Namun, di balik pesona tersebut, ada sisi berbahaya dari hewan ini. Bahkan, kasuari dianggap sebagai salah satu burung paling mematikan di muka bumi. Jika sudah merasa terganggu, burung ini bisa mengejar hingga kecepatan 50 km per jam dan mencabik dengan cakarnya yng memiliki panjang 12 cm.

10. Kukang

Kukang
Kukang

Kukang adalah salah satu jenis primata kecil yang memiliki mata besar dan menggemaskan. Meski demikian, ternyata hewan ini menyimpan rahasa berbahaya di balik tubuh kecilnya. Hewan ini diketahui memiliki racun yang sangat mematikan. Racun itu tersembuyi pada sikunya, mereka akan menjilatnya dan menggigit makhluk lain dengan memberikan racun tersebut.

11. Ikan Buntal

Ikan buntal
Ikan buntal

Jangan tertipu dengan penampilan dan bagaimana ikan ini berenang, karenaa itu bisa menjadi sangat berbahaya. Ikan ini memiliki kemampuan ini mengembangkan dirinya yang penuh dengan paku-paku. Ternyata tubuh merka bisa sangta berbahaya dan mematiakan bagi manusia. Diketahui bahwa satu ikan buntal bisa membunuh 30 orang, dan tidak ada obat penawarnya.

12. Angsa

Angsa
Angsa

Angsa sebenarnya hewan yang relatif tidak berbahaya, kecuali mereka merasa terganggu. Kita bisa saja mendapat serangan dari hewan ini. LEbih berbahaya lagi apabila tidak hanya satu angsa, meliankan sekelompok angsa. Pastikan kita bisa kabur secepat mungkin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

13. Paus pilot sirip pendek

Paus pilot sirip pendek
Paus pilot sirip pendek

Salah satu jenis ikan paus ini biasa ditemukan di perairan beriklim hangat dan perairan tropis di berbagai penjuru dunia. Meski dikenal sebagai salah satu jenis ikan paus yang paling tidak berbahaya, namun terkadang perilaku mereka bisa menjadi sangat agresif.

14. Burung betet

Burung betet
Burung betet

Burung ini dikenal sebagai salah satu burung yang sering dipelihara oleh manusia. Burung ini memiliki bulu dengan warna yang cantik dan dapat dilatih untuk berbicara. Namun, masih banyak yang menyadari betapa berbahayanya paruh mereka. Bahkan hingga bisa menyebabkan infeksi apda tubuh manusia.

15. Rusa

Rusa
Rusa

Kita mungkin hanya tahu bahwa rusa adalah salah satu hewan yang selalu menjadi 'korban' dimangsa hewan-hewan buas lain seperti singa atau harimau. Namun, menurut sebuah penelitian, rusa ternyata bisa menyebabkan sekitar 120 orang terbunuh setiap tahun. Meski demikian, kematian tidak selalu karena tandukan mereka, yang lebih justru adalah rusa-rusa itu menyebabkan kecelakaan berkendara karena mereka sering melompat ke jalan raya.

16. Berang-berang

Berang-berang
Berang-berang

Sebagai hewan pengerat terbesar kedua di dunia, mungkin berang-berang tampak seperti hewan yang penurut dan bisa dipelihara serta lucu. Namun, tak ada yang menyangkan bahwa hewan ini juga bisa menyebabkan kematian seseorang. Di Belarusia ada kasus berang-berang menggigit seorang nelayan. Hewan itu menggigit paha dan membuat nelayan tersebut kehabisan darah sebelum mendapat perawatan medis.

17. Siput kerucut

Siput kerucut
Siput kerucut

Bagi yang tidak mengetahui, pasti menganggap keong jenis ini tidak berbahaya dan cenderung lemah. Namun, sipt ini ternyata memiliki racun yang tersimpan di dalam tubuhnya. Satu tetes saja racun siput ini bisa menewaskan 20 orang manusia sekaligus. Siput ini biasanya hidup di lautan bebas.

18. Ikan lepu batu

Ikan lepu batu
Ikan lepu batu

Ikan jenis ini merupakan salah satu jenis ikan paling berbahaya dan mematikan di dunia. Ikan yang dijuluki sebagai mimpi buruk bagi para penyelam ini memiliki racun yang sangat kuat di dalam tubuhnya. Dengan bentuk dan warna tubuhnya yang menyerupai terumbu karang, akan sangat sulit untuk menghindari ikan ini di lautan.