26 Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia

Jenis Virus Komputer – Sama seperti di dunia nyata, dunia internet juga memiliki sejumlah kejahatan atau yang sering dikenal dengan cyber crime. Umumnya kejahatan yang terjadi pada dunia internet selalu di awali dengan virus yang menginfeksi komputer korban, sehingga si penjahat dapat melakukan kejahatan dengan memanfaatkan virus dan komputer korban.

Bicara soal virus komputer, berikut ini ada 15 jenis virus komputer paling berbahaya di dunia.

1. Jerusalem

Jenis Virus Komputer
Jerusalem

Jenis virus komputer paling berbahaya di dunia yang pertama adalah virus Jerusalem. Virus ini sendiri dinamakan Jerusalem lantaran awal mulanya virus tersebut muncul di daerah Jerusalem. Selain itu, virus ini juga sering dikenal sebagai virus Friday 13th, lantaran munculnya virus tersebut pada hari jumat tanggal 13.

Virus ini sendiri merupakan jenis virus yang menginfeksi semua file run yang terdapat di komputer. Dimana komputer yang terinfeksi virus ini akan kehilangan semua file run yang terdapat pada komputer.

2. Morris (Internet Worm)

Jenis Virus Komputer
Morris

Moriss merupakan jenis virus worm pertama di dunia, dimana virus ini dulunya sukses menginfeksi 6000 komputer di semua wilayah Amerika Serikat, termasuk sejumlah komputer resmi milik NASA. Pada tahun 1988, virus ini sudah terdeteksi menyerang jaringan internet yang akhirnya menimbulkan kerugian mencapai USD 100 juta. Uniknya, saat ini virus ini disimpan dalam sebuah floppy disk, serta dipamerkan di Musium Boston Museum of Science.

3. Melissa

Jenis Virus Komputer
Melissa

Melissa merupakan jenis virus komputer yang ditanamkan pada sebuah email. Cara kerjannya pun cukup hebat, sebuah komputer bisa terserang virus tersebut ketika mendapatkan email virus itu sendiri. Tak hanya satu komputer saja, namun email tersebut akan tersebar secara otomatis ke seluruh email teman, dan keluarga dari komputer si korban pertama. Sehingga, akhirnya akan berakibat pada server internet yang overloading. Diketahui juga virus ini telah menginfeksi 20% komputer di segala penjuru dunia.

4. Love Letter

Jenis Virus Komputer
Love Letter

Tak kalah hebatnya, virus ini tersebar pada tahun 2000 dan menimbulkan kerugian mencapai 10 Milyar Dollars. Sama halnya dengan Melissa, virus ini menyerang komputer melalui sebuah email. Jika korban membuka file yang terlampir dalam email tersebut, maka secara otomatis semua file jpg dan jpeg di komputer akan hilang. Uniknya, virus ini memiliki subjek “I Love You” dan berisikan “kindly check the attached LOVELETTER from me”.

5. Code Red

Jenis Virus Komputer
Code Red

Virus jenis worm yang satu ini mampu menginfeksi Microsoft IIS web server dan merusak website whitehouse.gov dengan meninggalkan pesan “Hacked by Chinnese!” pada tahun 2000. Puluhan ribu komputer berbasis Windows 2000 dan Windows NT terifeksi virus tersebut, dan diperkirakan menyebabkan kerugian sebesar USD 2 Milyar.

6. SQL Slammer

Jenis Virus Komputer
SQL Slammer

Virus berbahaya yang satu ini fokus menyerang sejumlah layanan hosting internet, yang berakibat buruk pada speed traffic internet. Muncul pada awal tahun 2003 dengan menginfeksi korban sebanyak 75.000 korban dalam 10 menit. Uniknya, virus ini memiliki ukuran yang begitu kecil namun mampu menginfeksi puluhan ribu server dalam sekejab, termasuk server Bank of America ATM.

7. MyDoom

Jenis Virus Komputer
MyDoom

Virus yang satu ini dikenal sebagai sebuah virus malware paling kejam di dunai. Bagaimana tidak, virus ini dapat menginfeksi lebih dari 1 juta komputer dalam waktu yang cukup singkat. Dengan metode bouncing email atau yang sering dikenal dengan email spammer, virus ini sudah menginfeksi sebagian besar pengguna komputer pada tahun 2004.

8. Poison Ivy

Jenis Virus Komputer
Poison Ivy

Sering disebut dengan mimpi buruk keamanan komputer, virus ini berperan layaknya trojan yang dapat mengakses keseluruhan komputer korban dari lokasi yang berbeda. Setelah terserang virus ini, komputer korban akan memberikan seluruh aksesnya kepada si pembuat virus.

9. Agent.btz

Jenis Virus Komputer
Agent.btz

Pada tahun 2008 virus ini mampu mengacaukan sistem keamanan Pentagon. Saking berbahayanya virus ini mengharuskan Pentagon untuk mendirikan sebuah departemen militer yang saat ini dikenal US Cyber Command yang bekerja dalam mengatasi vitus Agent.btz. Virus ini sendiri juga disebut Agent.AWF ketika berhasil menyerang sistem operasi Microsoft Windows.

10. BlackShades

Jenis Virus Komputer
BlackShades

Virus BlackShades yang belum lama terdeteksi ini mempu mengambil seluruh akses komputer korban secara diam-diam, termasuk mencuri informasi pribadi, membajak webcam atau kamera, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 15 Cara Instal Windows 10 Paling Mudah, Lengkap Dengan Gambarnya

11. Nimda

Jenis Virus Komputer
Nimda

Seminggu setelah munculnya virus Code Red, virus Nimda ikut memunculkan dirinya dalam menginfeksi puluhan ribu komputer dengan memanfaatkan celah keamanan dari server Web Microsoft IIS. Kabarnya virus ini masih tersebar sampai saat ini, namun dengan kecapatan yang relatif lambat. Sehingga tidak berbahaya seperti sediakala.

12. Storm Worm

Jenis Virus Komputer
Stor Worm

Storm worm merupakan virus yang penyebarannya melalui spam email. Jika komputer terinfeksi, maka si pembuat virus dapat mengakses komputer korban secara keseluruhan.

13. Conficker

Jenis Virus Komputer
Conficker

Pada Oktober 2008, virus Conficker muncul dengan berbagai sebutan, seperti Domnadup, Downup, Kido, dan Win32/Conficker.C. Pada 15 Januari 2009, Heinz Heise memperkirakan virus ini sudah menginfeksi 2.5 juta komputer. Sedangkan di tanggal yang sama, The Guardian memperkirakan virus ini telah menginfeksi lebih dari 3.5 juta komputer. Pada tanggal 16 Januari 2009, virus ini terdeteksi sudah menginfeksi 9 Juta komputer di seluruh dunia.

14. CIH

Jenis Virus Komputer
CIH

CIH atau virus yang sering dikenal dengan sebutan Win9x.CIH ini terdeteksi pertama kali di Taiwan pada pertengahan tahun 1998. Virus ini berkerja dengan cara menginfeksi semua program yang ada di komputer korban. Hebatnya, virus ini bisa mengacaukan BIOS komputer sehingga komputer tidak dapat menjalankan booting dengan sempurna.

15. Stuxtnet

Jenis Virus Komputer
Stuxnet

Pada tahun 2010 Stuxnet berhasil menginfeksi SCADA dan merusak sejumlah sistm uranium Natanz Iran. Symantec, selaku perusahaan antivirus terbesar kala itu menyatakan bahwa Stuxnet 50 kali lipat lebih berbahaya dari virus komputer pada umumnya, bahkan sampai saat ini tidak ada yang tahu sumber virus tersebut.

16. Duqu

Jenis Virus Komputer
Duqu

Virus yang diklaim mempunyai hubungan dengan Stuxnet ini juga berhasil menghebohkan dunia internet pada tahun 2011. Umumnya, komputer yang terserang virus ini akan mendapatkan awalan “DQ” pada setiap file yang ada dalam komputer tersebut.

17. Flame aka Flamer aka sKyWIper

Jenis Virus Komputer
Flame aka Flamer aka sKyWIper

Sama hebatnya dengan Stuxnet, virus tercanggih pada tahun 2012 ini berukuran cukup besar yakni 6 mb. Dimana nantinya virus tersebut dapat melebur menjadi modul-modul kecil yang jumlahnya sangat banyak sehingga mampu menyebar keseluruh sistem komputer.

18. Blaster

Jenis Virus Komputer
Blaster

Blaster atau yang sering dikenal dengan aka MSBlast ini berhasil menyerang ratusan ribu komputer berbasis Windows XP dan Windows 2000 pada tahun 2003. Banyak orang yang mengira bahwa pembuat virus ini memiliki dendam pribadi kepada sang pendiri Microsoft. Hal ini terbukti dengan adanya pesan dalam virus tersebut yang bertuliskan, “billy gates why do you make this possible? Stop making money and fix your software!!”.

19. Bagle

Jenis Virus Komputer
Bagle

Bagle menyerang melalui penyebaran email secara otomatis. Uniknya dalam virus ini terdapat sebuah puisi kecil yang terselip dalam bahasa pemrograman virus tersebut.

20. Sasser

Jenis Virus Komputer
Sasser

Dibuat oleh seorang mahasiswa berumur 17 tahun asal Jerman, virus ini berhasil menginfeksi sebagian besar pengguna Windows 2000 dan Windows XP. Hingga pada akhirnya kerugian yang diperkirakan mencapai milyaran dollars.

21. Fizzer

Jenis Virus Komputer
Fizzer

Meskipun bukan virus terakhir yang dibuat, Fizzer hadir dengan motif yang unik, yakni pencurian uang. Sesuai dengan pernyataan seorang peniliti asal perusahan antivirus Kapersky yang mengatakan, “Fizzer terkenal karena dibuat dengan alasan untuk keuntungan finansial”. Bahkan pihak Microsoft pernah menawarkan 250 ribu dollars sebagai hadiah untuk orang yang bisa memberikan informasi mengenai si pembuat virus tersebut.

22. Zeus

Jenis Virus Komputer
Zeus

Zeus bekerja sangat baik dalam mencuri berbagai macam file dan password. Uniknya, saat ini virus ini masih diperjual belikan kepada sejumlah jaringan bisnis cyber crime.

23. Sality

Jenis Virus Komputer
Sality

Merupakan jenis virus yang menyerang komputer melalui sejumlah file yang berekstensi exe. Sehingga setiap komputer yang terserang menjalankan file exe, maka virus tersebut akan mulai menyebar lagi ke program yang baru saja dijalankan.

24. Locky

Jenis Virus Komputer
Locky

Merupakan jenis virus yang menyerang komputer melalui dokumen word yang tersebar secara otomatis melalui email spammer. Ketika dokumen tersebut terbuka, maka secara otomatis mengeksekusi proses enkripsi berbahaya.

25. Cutwail

Jenis Virus Komputer
Cutwail

Merupakan sebuah virus jenis botnet, yang sering diartikan sebagai perkumpulan program yang saling terhubung melalui jaringan internet. Virus ini berkerja baik dalam menyebar email spammer dan juga berperan baik dalam serangan Ddos.

26. CryptoWall

Jenis Virus Komputer
CryptoWall

Virus berbahaya yang terakhir ini juga bisa dikatakan berbahaya karena kemampuannya yang mampu menginfeksi segala versi dari sistem operasi Windows. Dengan adanya bantuan dari RSA enkripsi 2048, virus ini mampu mengenkripsi segala jenis file dan data yang terdapat pada komputer korban. Bahkan CryptoWall juga dapat memblokir akses pengguna korban.      

Daftar Isi

More From: Teknologi