Psikologi Keluarga - Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup, dan Manfaat

Psikologi keluarga sebagai salah satu cabang dari ilmu psikologi yang secara khusus membahas perilaku individu dalam lingkungan keluarga. Memahami peran psikologi dalam lingkungan keluarga akan memudahkan anggota keluarga untuk terhubung dengan sesama anggota baik dalam kerja sama, pembagian tugas, tanggung jawab, dukungan dan lainnya.

Pentingnya peran keluarga dalam pertumbuhan individu untuk menghadapi lingkungan sosial membuat psikologi sangat dibutuhkan. Silahkan simak pembahasan tentang pengertian psikologi keluarga, fungsi keluarga, ruang lingkup psikologi keluarga, dan manfaat psikologi keluarga!

Pengertian Psikologi Keluarga

Psikologi Keluarga - Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup, dan Manfaat
Pengertian Psikologi Keluarga

Psikologi dan keluarga memiliki objek kasian masing-masing. Sehingga untuk mengetahui pengertian dari psikologi keluarga terlebih dahulu harus diketahui apa itu keluarga dan bagaimana perspektif keluarga dalam psikologi. Pengertian keluarga menurut para ahli

1. Menurut Departemen Kesehatan RI Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
2. Menurut Duvall Dan Logan Keluarga merupakan sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional serta sosial dari tiap anggota.
3. Menurut Narwoto Dan Suyanto Keluarga merupakan lembaga sosial dasar dari mana semua lembaga atau pranata sosial lainnya berkembang. Di masyarakat mana pun di dunia, keluarga merupakan kebutuhan manusia yang universial dan menjadi pusat terpenting dari kegiatan dalam kehidupan individu.
4. Menurut Bailon Dan Maglaya Keluarga merupakan dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah, perkawinan, atau adopsi. Mereka saling berinteraksi satu dengan yang lain, mempunyai peran masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu budaya.

Psikologi sebagai disiplin ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia. Ketika psikologi dikaitkan dengan keluarga maka dapat dirumuskan bahwa psikologi keluarga merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu dalam sebuah lingkungan terkecil yang memiliki hubungan darah atau perkawinan.

Baca Juga: Psikologi Sosial - Pembahasan Lengkap Tentang Pengertian, Teori, dan Konsep.

Fungsi Keluarga

Psikologi Keluarga - Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup, dan Manfaat
Fungsi Keluarga

Keluarga memiliki fungsi yang sangat vital untuk anggota keluarga. Paling tidak terdapat 8 fungsi keluarga yaitu fungsi pendidikan, sosial, agama, ekonomi, perlindungan, kasih sayang, rekreasi dan fungsi biologis.

1. Fungsi Pendidikan

Keluarga menjadi tempat pertama dan utama dalam memperoleh pendidikan. Melalui keluarga diperkenalkan cara berbicara, cara mengenal lingkungan, dan pengetahuan dasar lainnya. Keluarga juga menjadi pendorong anggota keluarga untuk mendapatkan pendidikan formal, non formal dan informal.

2. Fungsi Sosial

Sebagai unit terkecil dari masyarakat keluarga berperan untuk menjadi tempat interakasi sosial pertama. Mengajarkan tentang cara berinteraksi yang seharusnya, bagaimana bersikap dan saling menghargai. Pola interaksi sosial dalam lingkungan keluarga akan sangat berpengaruh dalam melakukan interkasi sosial pada lingkungan yang lebih luas.

3. Fungsi Agama

Keluarga merupakan tempat pertama kali memperkenalkan tentang agama. Cara melaksanakan ibadah sesuai perintah agama. Tentang perintah dan larangan dalam agama, dan segala aspek yang berhubungan dengan agama. Paling penting adalah keluarga menjadi contoh dalam praktek pelaksanaan ritual keagamaan.

4. Fungsi Ekonomi

Keluarga memiliki fungsi ekonomi dalam hal pemenuhan kebutuhan dan pengaturan keuangan. Dalam keluarga harus ada sistem keuangan yang mengatur keseimbangan antara jumlah pemasukan dan pengeluaran agar pemenuhan kebutuhan primer dapat terpenuhi.

5. Fungsi Perlindungan

Keluarga memiliki fungsi perlindungan untuk memberikan perlindungan kepada anggota keluarga terhadap kemungkinan ancaman dari luar. Ancaman dari lingkungan sosial sangat beragam seperti penyimpanan dari norma, pergaulan tidak sehat dan ancaman terhadap tindakan kekerasan fisik.

Baca juga: Psikologi Anak - Pengertian, Teori, Penerapan dan Penjelasannya.

Psikologi Keluarga - Pengertian, Fungsi, Ruang lingkup dan manfaat
Fungsi Kasih Sayang Keluarga

6. Fungsi Kasih Sayang

Keluarga menjadi tempat pertama mendapatkan kasih sayang. Keluarga menjadi tempat pertama dan utama dalam mengenal cinta, menyalurkan emosi dan berbagi kebahagiaan. Rasa kasih sayang didapatkan dari perhatian, tindakan, dan bahkan berupa larangan-larangan sebagai bagian dari fungsi perlindungan.

7. Fungsi Rekreasi

Lingkungan keluarga merupakan tempatyang paling tepat untuk memperoleh keceriaan. Tempat menyandarkan penat ketika lelah bekerja. Tempat untuk mendapatkan ketenangan ketika mendapatkan masalah diluar, seperti sekolah, tempat kerja, dan lingkungan sosial lainnya.

8. Fungsi Biologis

Keluarga merupakan tempat untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan biologis dan fisiologis. Kebutuhan seperti makan, minum, istirahat dan lainnya. Tempat terbaik untuk terus tumbuh dan berkembang.

Ruang Lingkup Psikologi Keluarga

Psikologi Keluarga - Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup, dan Manfaat
Ruang Lingkup Psikologi Keluarga

Ruang lingkup psikologi keluarga adalah sebagai berikut:

  • Manajemen

Psikologi keluarga mengkaji manajemen dalam keluarga untuk memudahkan dalam membuat aturan yang berhubungan dengan kesejahteraan keluarga. Manajemen keluarga meliputi manajemen keuangan, manajemen tugas, manajemen pemenuhan kebutuhan dan lainnya.

  • Komunikasi

Komunikasi menjadi bagian penting dari objek kajian psikologi. Dalam keluarga komunikasi menjadi sangat penting agar sesama anggota keluarga mampu membangun interaksi dengan dasar saling memahami karakteristik masing-masing.

  • Pengembangan potensi

Pengembangan potensi anggota keluarga merupakan menjadi bagian dari kajian psikologi. Bagaimana keluarga memberikan dukungan secara mental dan finansial agar anggota keluarga mampu mengembangkan potensi dengan maksimal.

  • Strategi mengatasi permasalahan

Masalah adalah sesuatu yang pasti terjadi, baik itu dilingkungan sosial maupun dilingkungan masyarakat. Peran psikologi membantu mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga dengan pendekatan yang sangat humanis.

  • Tanggung Jawab

Sebagai tempat pertama kali belajar tentang tanggung jawab. Kajian psikologi tentang tanggung jawab sangat penting dilakukan dalam keluarga. Seseorang yang terbiasa memegang tanggung jawab biasanya akan melakukan hal yang sama dilingkungan sosial yang lebih luas.

Manfaat Psikologi Keluarga

Psikologi Keluarga - Pengertian, Fungsi, Ruang lingkup dan manfaat
Manfaat Psikologi Keluarga

Manfaat psikologi keluarga baik sebagai pelajaran teoritis maupun praktek dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

  1. Memudahkan dalam interaksi sesama anggota keluarga.
  2. Memudahkan untuk saling memahami karakter dan kepribadian masing-masing anggota keluarga.
  3. Memudahkan untuk memahami perbedaan, baik dari segi cara berpikir, kebutuhan, dan tanggung jawab.

Demikian pembahasan kami tentang Psikologi Keluarga semoga bisa menjadi dasar yang baik dalam membangun hubungan yang baik dalam keluarga!

Daftar Isi

More From: Pengertian