Istilah seni bukanlah istilah yang asing lagi dalam kehidupan kita. Hampir semua orang pasti pernah melihat, menonton, atau mendengar suatu karya seni. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, fungsi, jenis, dan contoh seni berikut ini.

Pengertian Seni

Seni - Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya
Pengertian Seni

Kata seni berasal dari bahasa Sansekerta "sani" yang berarti pemujaan, persembahan, atau kesenian. Secara umum, seni diartikan sebagai karya buatan manusia yang memiliki unsur keindahan sehingga membangkitkan perasaan orang yang melihatnya. 

Berdasarkan pengertian ini, seni merupakan produk keindahan. Manusia berusaha menciptakan seni agar terlihat indah dan menimbulkan kesenangan di mata orang lain. Sedangkan pengertian seni menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Menurut Aristoteles

Seni merupakan suatu bentuk yang sengaja ditampilkan dan diungkapkan sesuai dengan kenyataan yang ada. Seni juga bisa dikatakan sebagai tiruan alam.

2. Menurut Sudarmaji

Seni merupakan segala ungkapan batin dengan menggunakan media bidang, dan memperhatikan aspek warna, tekstur, volume, gelap terang, dsb.

3. Menurut Alexander Baum Garton

Seni merupakan keindahan, yang memiliki tujuan positif karena membuat orang yang melihatnya merasa bahagia.

4. Menurut Ki Hajar Dewantara

Seni adalah suatu hasil keindahan. Seni terlihat indah di mata orang yang melihatnya. Maka dari itu, segala perbuatan manusia yang bisa menimbulkan perasaan indah tergolong sebagai jenis seni.

5. Menurut Leo Tolstoy

Seni adalah ungkapan perasaan yang sengaja disampaikan ke orang lain agar mereka memahami dan merasakan apa yang dirasakan si pencipta.

Fungsi Seni

Seni - Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya
Fungsi Seni

Fungsi seni dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu fungsi individu dan fungsi sosial.

1. Fungsi Individu

Fungsi individu adalah fungsi seni yang berguna untuk kepentingan pribadi atau kepentingan individu itu sendiri. Ada dua jenis fungsi seni untuk individu, yaitu:

  • Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik

Saat ini, ada banyak sekali barang seni yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia. Biasanya seni seperti ini dikatakan sebagai seni terapan yang tidak mengutamakan nilai keindahan, melainkan mengutamakan fungsi dan nilai kegunaan.

  • Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional

Setelah melihat suatu karya seni, tak jarang kita menjadi emosional. Contohnya seperti menonton film. Setelah menonton, kita bisa menjadi sedih, gembira, iba, kasihan, benci dan lain sebagainya. Di sisi lain, seni juga menjadi sarana bagi para seniman untuk mencurahkan dan memuaskan kebutuhan emosionalnya.

2. Fungsi Sosial

Fungsi sosial adalah fungsi seni yang berguna untuk memenuhi kebutuhan sosial suatu individu. Ada beberapa jenis fungsi seni sebagai fungsi sosial:

  • Fungsi religi (fungsi keagamaan)

Seni yang memiliki fungsi religi antara lain kaligrafi, pakaian muslim, lagu rohani, gamelan yang dibunyikan saat upacara ngabel di Bali, dan lain sebagainya.

  • Fungsi pendidikan

Seni sebagai media pendidikan bisa kamu lihat dalam bentuk musik seperti angklung atau gamelan. Di dalam kesenian tersebut, terkandung nilai sosial, nilai disiplin, dan juga nilai kerjasama. Selain itu, seni sebagai media pendidikan juga bisa berbentuk film dokumenter, poster, gambar buku pelajaran, alat peraga saat belajar, dan lain-lain.

  • Fungsi komunikasi

Seni yang berfungsi sebagai media komunikasi biasanya menyampaikan kritikan atau gagasan kepada masyarakat. Contohnya seperti pementasan wayang, seni teater, penayangan reklame, dan lain sebagainya.

  • Fungsi hiburan (fungsi rekreasi)

Seni memiliki fungsi utama untuk menghibur atau menghilangkan kesedihan seseorang. Contohnya seperti pertunjukan hiburan, film komedi, dan lain sebagainya.

  • Fungsi artistik

Seni yang memiliki fungsi artistik tidak disajikan secara komersil. Contohnya adalah seni musik kontemporer, seni tari komporer, dan seni rupa kontemporer. Seni seperti ini hanya bisa dinikmati oleh seniman dan komunitas seniman.

  • Fungsi guna

Contoh seni yang berfungsi guna yaitu peralatan rumah tangga yang terbuat dari rotan atau gerabah.

  • Fungsi kesehatan

Seni juga berfungsi baik bagi kesehatan karena bisa mengobati penderita gangguan fisik, menyembuhkan penderita autis, hingga penderita gangguan psikologis akibat trauma terhadap suatu kejadian. Contohnya adalah musik klasik.

Baca Juga: Workshop - Pengertian, Ciri, Tata Pelaksanaan, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mempersiapkannya.

Jenis dan Contoh Seni

Seni - Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya
Jenis dan Contoh Seni

Berikut ini adalah jenis dan contoh seni yang perlu kamu ketahui:

1. Seni rupa

Seni - Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya
Seni rupa

Seni rupa merupakan jenis seni yang memiliki bentuk menyerupai wujud aslinya. Ada banyak sekali contoh seni rupa, seperti gambar, lukisan, patung, seni kriya, kerajinan tangan, dsb.

2. Seni teater

Pada dasarnya, seni teater merupakan jenis seni yang membawakan suatu cerita di atas panggung. Di dalamnya, terdapat banyak pihak yang terlibat, mulai dari sutradara, aktor, aktris, penulis naskah, hingga para kru atau staff yang membantu jalannya pementasan. Contohnya: pementasan film Romeo Juliet, pementasan film Kartini, dan lain-lain.

3. Seni musik

Unsur utama dalam seni musik adalah bunyi atau suara. Seni musik telah berkembang sejak zaman Renaissance hingga saat ini. Seni ini merupakan hasil karya manusia yang menghasilkan bunyi, irama, harmoni yang indah di telinga pendengar. Contoh: musik klasik, lagu pop, lagu jazz, dan masih banyak lagi.

4. Seni tari

Seni - Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya
Ssni tari

Seni tari merupakan jenis seni yang menggunakan gerak tubuh sebagai suatu keindahan. Biasanya, seni tari dilakukan sebagai media untuk menyampaikan maksud tertentu dari koreografer. Tari ini dibagi menjadi dua jenis yaitu tari tradisional dan tari modern. Contoh tari tradisional adalah tari Kecak, tari Sekapur Sirih, dan lain sebagainya.

5. Seni sastra

Seni sastra merupakan jenis seni yang dinikmati manusia dari segi visual dan dari segi arti yang terkandung di dalamnya. Jenis seni ini mengungkapkan keindahan dalam bentuk kata-kata, bisa dengan tulisan ataupun disuarakan. Contoh seni sastra antara lain puisi, tulisan, cerpen, kaligrafi, dan masih banyak lagi.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, fungsi, jenis, dan contoh seni yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai seni.