Kamu pasti sudah sering mengakses sebuah website. Tapi apakah kamu sudah paham mengenai pengertian website yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian website, sejarah website, manfaat, dan jenis-jenis website berikut ini.

Pengertian Website

Pengertian Website - Sejarah, Manfaat dan Jenisnya
Pengertian Website

1. Pengertian website secara umum

Website merupakan kumpulan informasi dalam bentuk halaman web (web page). Di dalam website, terdapat berbagai macam konten yang dapat menarik pengunjung, seperti teks, gambar, video, musik, dan lain sebagainya.

2. Pengertian website menurut Hakim Lukmanul

Website merupakan fasilitas di internet yang memungkinkan kita bertukar dokumen dalam lingkup lokal ataupun jarak jauh. Dokumen ini berupa halaman web yang bisa berganti-ganti sesuai permintaan user.

3. Pengertian website menurut Jasmadi

Website adalah kumpulan halaman web dan file-file pendukung seperti gambar, musik, video yang sebelumnya sudah diupload di web server dan tinggal diakses lewat jaringan internet.

Sejarah Website

Pengertian Website - Sejarah, Manfaat dan Jenisnya
Sejarah Website

Website ditemukan pertama kali oleh Sir Timothy John Tim Berners-Lee, sedangkan website yang terkoneksi dengan jaringan baru muncul pada tahun 1991. Tim sengaja membuat website agar bisa dengan mudah mengakses dan bertukar informasi dengan sesama peneliti. Hingga tahun 1993, tempat kerja Tim akhirnya mengumumkan kalau websitenya bisa digunakan masyarakat secara gratis.

Manfaat Website

Pengertian Website - Sejarah, Manfaat dan Jenisnya
Manfaat Website

Jika digunakan secara tepat, website sebenarnya sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari website, yaitu:

1. Menyebarkan informasi melalui dunia digital

Dengan adanya website, pertukaran informasi dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus terhalang oleh batasan tempat. Semua orang bisa mengakses website dan bertukar informasi terkini, tanpa harus takut ketinggalan informasi.

2. Media untuk promosi dan mengembangkan bisnis

Saat ini, website sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis. Karena website membantu mempromosikan produk yang mereka jual agar bisa dikenal oleh masyarakat. Terlebih, promosi produk lewat website juga lebih efisien karena tidak dipungut biaya sepeserpun.

3. Ruang untuk mengekspresikan diri

Website membuat kita bisa dengan mudah mengekspresikan diri. Kita bisa membagikan foto selfie, foto bersama teman-teman, foto hasil karya kita hingga video pribadi.

4. Tempat mendapatkan komunitas yang sesuai dengan minat kita

Melalui website, kita bisa dengan mudah mencari dan bergabung ke dalam komunitas yang menarik minat kita. Seperti komunitas pecinta alam, fotografi, programmer, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pengertian Investasi - Fungsi, Tujuan, Jenis dan Produk-Produk Investasi.

Jenis-Jenis Website

Pengertian Website - Sejarah, Manfaat dan Jenisnya
Jenis-Jenis Website

Berdasarkan penampilannya, website dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:

1. Static Website

Pada static website, informasi akan ditampilkan secara identik untuk semua users. Biasanya, website jenis ini menggunakan bahasa Hypertext Markup Language (HTML) atau Cascading Style Sheets (CSS). Penampilan dari website ini akan selalu sama saat dikunjungi, kecuali jika pengelola melakukan perubahan pada kode-kode program.

2. Dynamic Website

Dynamic website adalah jenis website yang terkoneksi dengan database. Jenis website ini akan menyesuaikan penampilan atau halaman webnya sesuai dengan user yang mengaksesnya. Biasanya website ini menggunakan bahasa pemrograman yang lebih sulit, seperti PHP, Javascript, dan masih banyak lagi.

Tak heran bila dynamic website memiliki kemampuan berinteraksi yang tinggi dengan user. Website jenis ini biasanya juga menyediakan fitur-fitur tambahan, seperti live chatting, kolom komentar, form registrasi, dan lain-lain. Contoh dynamic website adalah website berita.

3. Website Interaktif

Website interaktif merupakan jenis website yang paling populer. Para pengguna bisa dengan mudah berinteraksi dan bertukar pendapat mengenai topik tertentu. Contohnya adalah forum atau blog.

Sedangkan secara umum, ada beberapa jenis website yang populer dan sering digunakan yaitu:

1. Website pribadi

Website ini umumnya digunakan untuk menampilkan informasi / biografi seseorang. Dengan adanya website pribadi, si pemilik bisa dengan mudah berbagi cerita tentang profesinya, pengalaman hidup, kisah sukses, dan lain sebagainya. Website jenis ini dikenal dengan sebutan blog.

2. Website berbagi foto / video

Website ini digunakan untuk membagikan foto / video yang sekiranya menarik kepada netizen di dunia maya. Pada umumnya, website seperti ini sangat populer karena semua orang boleh menggunakannya (tanpa harus profesional dalam dunia fotografi). Contohnya adalah instagram.

3. Website media sosial

Siapa yang tak mengenal media sosial? Hampir semua orang memiliki akun media sosial. Kehadiran media sosial membuat orang bisa mengekspresikan dirinya dengan mudah di dunia maya. Mulai dari remaja hingga orang dewasa, mereka bisa berkomunikasi, berbagi konten, dan lain sebagainya. Contoh website media sosial yang paling populer adalah Facebook.

4. Website komunitas / forum

Website jenis ini merupakan wadah diskusi di mana kamu bisa membicarakan banyak hal dengan banyak orang. Umumnya yang bergabung dengan forum ini adalah orang yang mengalami permasalahan dan meminta saran pada forum tersebut. Contoh website komunitas yang populer di Indonesia adalah Kaskus.

5. Website E-Commerce

Pengertian Website - Sejarah, Manfaat dan Jenisnya
Website E-Commerce

Berdasarkan namanya, kamu bisa mengetahui kalau website ini digunakan untuk keperluan bisnis, seperti mengenalkan dan mempromosikan sejumlah produk. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali website e-commerce yang mempublikasikan bisnis berskala kecil maupun besar.

Kehadiran website seperti ini sangat membantu pihak penjual dan pihak pembeli. Barang milik penjual bisa dipromosikan dengan mudah di website e-commerce. Lalu pembeli juga tak perlu lagi bersusah payah pergi ke toko demi membeli barang yang diinginkan. Salah satu contoh website e-commerce yang tengah populer adalah Lazada dan Tokopedia.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian website, sejarah, manfaat dan jenis website yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasanmu, terutama mengenai website.